Loading

ristekdikti logo


Pelatihan Operator Demo Plant

PELATIHAN OPERATOR DEMO PLANT

Ditulis Oleh : Ade Syafrinaldy
Rabu, 16 Agustus 2017

Pusat Teknologi Sumberdaya Energi dan Industri Kimia (PTSEIK-BPPT) bekerja sama dengan PT. TOA Oil Kogyosho, Jepang dan PT. Balikpapan Environmental Service (BES) telah melaksanakan kegiatan pelatihan pengoperasian Demo Plant Pengolahan Limbah Pelumas Bekas yang berlokasi di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, tepatnya di area pabrik milik PT. BES kawasan industri Kariangau KM 13.



Peserta pelatihan terdiri atas 5 orang perwakilan dari PTSEIK, BPPT dan 5 orang perwakilan dari PT. BES. Adapun trainer pada pelatihan ini adalah Mr. Atsushi Shoda yang merupakan engineer dari TOA Oil Kogyosho, Jepang dibantu oleh seorang penerjemah bahasa yaitu Mr. Tomuro Saburo serta para teknisi lapangan yang biasa mengoperasikan demo plant pengolahan pelumas bekas. Pelatihan ini terdiri dari pelatihan teori di kelas, praktek langsung di lapangan, serta tanya jawab seputar materi maupun praktek yang telah diberikan.



Pelatihan ini bertujuan agar para peserta dapat memahami fasilitas dan semua peralatan plant,  serta mampu memahami dan melaksanakan pengoperasian produksi pada demo plant pengolahan limbah pelumas bekas menjadi bahan bakar minyak. Adapun kapasitas terpasang plant tersebut adalah sebesar 12000 kL pertahun yang menghasilkan bahan bakar minyak berupa HSD (High Speed Diesel) dan MFO (Marine Fuel Oil). Saat ini demo plant tersebut telah dihibahkan oleh NEDO (New Energy and Industrial Technology Development Organization) Jepang kepada BPPT, dalam hal ini unit PTSEIK-TIEM.



Adapun Pelatihan pada sesi 1 dilaksanakan selama 5 hari yaitu pada tanggal 31 Juli hingga 4 Agustus 2017 yang terdiri dari training di kelas berupa materi-materi teori proses pengolahan limbah pelumas bekas dan training lapangan langsung di lokasi demo plant.



Pada hari pertama, para peserta mendapatkan training kelas pengenalan fasilitas serta peralatan yang ada di demo plant. Pada hari ke-2, para peserta mendapat pelatihan lapangan tentang seluruh peralatan proses utama dan peralatan-peralatan pendukung lainnya serta cara mengoperasikan instrumen-instrumen analisis. Kemudian pada hari ke-3, para peserta training melakukan praktek lapangan di plant untuk memproduksi HSD dengan proses evaporasi atau pemanasan bahan baku pelumas bekas sehingga dapat memahami proses yang dilakukan dan kondisi operasi yang ditetapkan pada tiap-tiap peralatan proses. Pada hari ke-4, para peserta training melakukan praktek lapangan di plant untuk memproduksi MFO yang merupakan proses lanjutan dari proses produksi HSD, di mana raw MFO yang berasal dari evaporator selanjutnya dilakukan proses sentrifugasi untuk memisahkan sisa-sisa air dan sludge yang masih terikut. Sehingga diperoleh produk minyak akhir MFO. Selanjutnya pada hari ke-5, para peserta training mendapat pelatihan cara pemeliharaan dan perawatan alat-alat pendukung seperti pompa, boiler, kompresor, dan lain-lain.



Diposting Oleh : Ade Syafrinaldy
Tags : Dasar-dasar proses, Pengenalan Peralatan, Penerimaan bahan baku, Praktek operasi demo plant, Maintenance Peralatan, Energi

Berita Terkait


Tidak ada berita terkait

Produk Inovasi


Tidak ada produk inovasi terkait


Ingin menjadi bagian dari pengembangan produk inovasi?

Segera daftar ke Direktorat Inovasi Industri sekarang!